Marbun, Megawati (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII SMP SWASTA BRIGJEND KATAMSO MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141060 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 4123141060 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
3. NIM. 4123141060 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 4123141060 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4123141060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
6. NIM. 4123141060 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4123141060 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4123141060 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9. NIM. 4123141060 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
13. NIM. 4123141060 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
14. NIM. 4123141060 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri
terhadap: (1) Kemampuan berpikir kritis, (2) Hasil belajar siswa pada materi
ekosistem. Jenis penelitian ini quasi experiment. Penelitian dilaksanakan di SMP
Swasta Brigjend Katamso Medan dengan pengambilan sampel secara random,
didapatkan siswa kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen (38 orang) dan kelas VII-2
sebagai kelas kontrol (42 siswa). Rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas
eksperimen 71,18 dan kelas kontrol 53,09. Dari hasil uji t data postes diperoleh
thitung = 6,984 sedangkan ttabel = 1,667. Karena thitung>ttabel (6,984>1,667), Ha
diterima, ada pengaruh strategi pembelajaran inkuri terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa. Postes hasil belajar dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 85,26 dan
kelas kontrol 74,76. Dari hasil uji t data postes diperoleh thitung = 4,929 sedangkan
ttabel = 1,667. Karena thitung> ttabel (4,929>1,667), Ho ditolak, dengan menunjukkan
bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran inkuri terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 084 |
Keywords: | Quasi Experiment;Strategi Inkuiri; Konvensional; Berpikir Kritis; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 07:24 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8415 |