Saragih, Lisca Eirene (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT DAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA N 14 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141053 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 4123141053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
3. NIM. 4123141053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 4123141053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 4123141053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM. 4123141053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 4123141053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 4123141053 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM. 4123141053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
13. NIM. 4123141053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 4123141053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa
menggunakan model pembelajaran kooperatif Script dan Problem Based
Instruction pada materi pokok sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA
Negeri 14 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas XI yang
terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa 128 orang. Pengambilan sampel
penelitian dilakukan secara random (random sampling). Dua kelas sebagai sampel
yaitu kelas XI1 sebagai kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran
kooperatif Script dan XI3 sebagai kelas eksperimen II menggunakan model
pembelajaran Problem Based Instruction. Masing-masing berjumlah 30 siswa
sehingga total sampel adalah 60 siswa. Alat yang digunakan untuk pengumpulan
data adalah tes yang berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 25 butir soal.
Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas
ekperimen I 82,8 dengan standar deviasi 7,23 dan kelas eksperimen II 77,3 dengan
standar deviasi 8,33. Uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 2,74 > ttabel = 1,86
pada taraf nyata α=0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya ada
perbedaaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif Script dan Problem Based Instruction pada materi pokok
sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan tahun
pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 068 |
Keywords: | Hasil Belajar, Kooperatif Script, Problem Based Instruction |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 07:11 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8411 |