Siregar, Fitri Lukluk Wardhani (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DAN METODE STAD PADA SUB MATERI POKOK SISTEM URINARIA DI KELAS XI IPA MA AL-WASHLIYAH TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123341016 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4123341016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
3. NIM 4123341016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM 4123341016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM 4123341016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM 4123341016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 4123341016 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 4123341016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 4123341016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
13. NIM 4123341016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM 4123341016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode Role Playing dan metode STAD pada pembelajaran biologi Sub Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia di Kelas XI IPA MA AL-Washliyah Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sampel penelitian yang digunakan terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IPA2 menggunakan metode role playing dan IPA3 menggunakan metode STAD, setiap kelas terdiri dari 33 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode Role Playing sebesar 80,91 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan metode STAD sebesar 70,45. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan = 0,05, dimana thitung > ttabel (3,02 > 1,99), yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode Role Playing dan metode STAD pada pembelajaran biologi Sub Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia di Kelas XI IPA MA AL-Washliyah Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 054 |
Keywords: | Sistem Urinaria Pada Manusia; Hasil Belajar; Metode Role Playing; Metode STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 04:15 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8400 |