Putri, Melysa Eka (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 5 KOTA TANJUNG BALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123341029 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 4123341029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
3. NIM. 4123341029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM. 4123341029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 4123341029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 4123341029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4123341029 TABLES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM. 4123341029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 4123341029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
13. NIM. 4123341029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 4123341029 BLIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran
Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi
Siswa Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 5 Kota Tanjungbalai Tahun
Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
X SMA Negeri 5 Kota Tanjungbalai yang berjumlah 8 kelas, pengambilan sampel
dengan menggunakan random sampling, sehingga sampel yang digunakan ada
dua kelas. Kelas X-1 berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol yang diajarkan
dengan metode ceramah dan kelas X-4 berjumlah 32 siswa sebagai kelas
eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek.
Instrumen penilaian dalam penelitian ini adalah berupa tes yang terdiri dari 25
soal berbentuk pilihan berganda dengan bobot nilai 4, sedangkan untuk instrumen
penilaian keterampilan proses sains digunakan lembar observasi dan rubrik
penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran
berbasis proyek terhadap keterampilan proses sains dengan rata-rata nilai hasil
kegiatan proyek untuk kelas eksperimen lebih tinggi yakni dengan skor 15,41
dengan persentase kategori baik 53,13% sedangkan dibandingkan dengan kelas
kontrol yakni dengan skor 7,63 dengan persentasi kategori baik 6,25%.
Sedangkan untuk hasil belajar ada pengaruh pembelajaran berbasis proyek dengan
rata-rata nilai post-test untuk kelas eksperimen lebih tinggi yakni 82,19 ±11,98
dibandingkan dengan kelas ceramah yakni 75,63 ± 11,27 . Sehingga dapat
disimpulkan ada pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan
proses sains dan hasil belajar siswa di kelas eksperimen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 094 |
Keywords: | Pembelajaran; Pembelajaran Berbasis Proyek; Ceramah; Ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 03:37 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8393 |