Silalahi, Riana Rejika (2016) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANAH JAWA TP. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141080_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 41213141080_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
3. NIM. 4123141080_PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 4123141080_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. NIM. 4123141080_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 4123141080_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4123141080_TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4123141080_APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4123141080_CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
13. NIM. 4123141080_CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM. 4123141080_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan Student Teams Achievement Divisions pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Pembelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII3 menggunakan model NHT dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas VIII5 menggunakan metode STAD dengan jumlah siswa 36 orang . Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model Numbered Head Together ( ) = 80,00 dengan nilai standar deviasi (SD) = 7,4053 lebih baik dari rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model Student Teams Achievement Divisions ( ) = 71,94 dengan nilai standar deviasi (SD) = 9,507725. Hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (4,12 > 1,998), sehingga dalam penelitian ini hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan Student Teams Achievement Divisions pada materi pokok sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Jawa Kabupaten Simalungun Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 048 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Numbered Head Together; Model Student Teams Achievement; Sistem Pencernaan Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 03:20 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8390 |