Rahmawati, Suci (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA UNGGULAN CT FOUNDATION TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123341050_COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 4123341050_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 4123341050_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM. 4123341050_ DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM. 4123341050_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 4123341050_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4123341050_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 4123341050_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 4123341050_BAB I.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
13. NIM. 4123341050_BAB V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
14. NIM. 4123341050_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi
pencemaran lingkungan di kelas X SMA Unggulan CT Foundation Tahun
Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan
desain two group Pretes dan Postes. Penelitian berlangsung pada bulan Maret
sampai Juni 2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling
diperoleh kelas X-Mendel sebagai kelas kontrol yang berjumlah 18 orang dan
kelas X-Dalton sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 19 orang. Instrumen
yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif berbentuk pilihan
ganda yang terdiri dari 30 soal dan lembar observasi untuk penilaian afektif dan
psikomotorik siswa. Berdasarkan hasil uji t terhadap data hasil belajar sebagai
akibat model pembelajaran diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan
dengan model pembelajaran berbasis masalah 84 ± 45,88 secara signifikan lebih
tinggi dibanding hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran
konvensional 74,7 ± 37,19 (t = 4,2 > t1;0,05;35 = 1,69) dengan demikian Ha diterima
berarti terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil
belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Unggulan CT
Foundation Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 060 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 03:16 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8389 |