Pakpahan, Mariana L. (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122141026_COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 4122141026_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM. 4122141026_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4. NIM. 4122141026_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM. 4122141026_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 4122141026_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 4122141026_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4122141026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 4122141026_BAB I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
13. NIM. 4122141026_BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 4122141026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar
siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe
TPS pada materi ekosistem di kelas VII SMP Negeri 1 Siantar Narumonda Tahun
Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen,
populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siantar
Narumoda tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 145 orang. Sampel
penelitian diambil secara Cluster random sampling (sampel acak) yang berjumlah
60 orang. Kelas VIIC yang diajar dengan model pembelajaran NHT dan kelas VIIE
yang diajar dengan model pembelajaran TPS. Alat pengumpul data berupa tes
pilihan berganda sebanyak 25 soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil
belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
NHT lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar biologi siswa dengan model
pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi ekosistem. Nilai rata-rata kelas
NHT 76,8 ± 6,16 sedangkan pada kelas TPS 72 ± 6,56. Terdapat perbedaan antara
kelas NHT dengan kelas TPS 4,8. Adanya perbedaan hasil belajar ini juga terbukti
melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dua pihak dengan thitung =
2,9250 dan ttabel = 2,002, (thitung 2,9250 > ttabel 2,002). Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe NHT lebih baik daripada tipe TPS pada materi ekosistem di kelas
VII SMP Negeri 1 Siantar Narumonda Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 061 |
Keywords: | Model Kooperatif NHT; Kooperatif TPS; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 03:10 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8387 |