PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP DALAM TATANAN STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN PERILAKU SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD 064020 MEDAN SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Tarigan, Juniko Esra (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP DALAM TATANAN STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN PERILAKU SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD 064020 MEDAN SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.COVER TESIS.pdf]
Preview
Text
1.COVER TESIS.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Persetujuan.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Persetujuan.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of 3.Abstrak.pdf]
Preview
Text
3.Abstrak.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4.KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 9.BAB I.pdf]
Preview
Text
9.BAB I.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 13.BAB V.pdf]
Preview
Text
13.BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 14.Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14.Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan peta konsep dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD tanpa peta konsep; (2) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki perilaku sosial tinggi dengan siswa yang memiliki perilaku sosial rendah; dan (3) interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan perilaku sosial dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 064020 Medan Sunggal Tahun Pelajaran 2015/2016 pada semester ganjil tahun ajaran 2015-2016 yang terdiri dari 2 kelas. Seluruh siswa berjumlah 81 orang, terdiri dari kelas IV-A terdiri dari 40 orang, kelas IV-B terdiri dari 41. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi dijadikan sampel (total sampling). Peneliti menetapkan siswa kelas IV-A diberikan perlakukan STAD dengan peta konsep dan siswa kelas IV-B diberikan perlakukan STAD tanpa peta konsep. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan serta instrument test perilaku sosial berupa angket untuk mengetahui kemampuan awal perilaku sosial siswa. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA Faktorial 2 × 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar IPA siswa kelas model pembelajaran kooperatif STAD menggunakan peta konsep lebih tinggi dari hasil belajar IPA siswa kelas model pembelajaran kooperatif STAD tanpa menggunakan peta konsep dengan Fhitung> Ftabel (16,801>3,26); (2) hasil belajar IPA siswa yang memiliki perilaku sosial tinggi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki perilaku sosial rendah dengan Fhitung> Ftabel (27,100>3,26); dan (3) ada interaksi antara model pembelajaran dan perilaku sosial terhadap hasil belajar IPA siswa dengan Fhitung> Ftabel (17,054>3,26). Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan dapat diterapkan bagi guru dan sekolah dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan peta konsep dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu perlu ditingkatkan perilaku sosial siswa dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.35 Tar p
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD; Peta konsep; Perilaku sosial; Pembelajaran kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 09 Aug 2016 03:00
Last Modified: 09 Aug 2016 03:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8383

Actions (login required)

View Item
View Item