Tarigan, Juniko Esra (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP DALAM TATANAN STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN PERILAKU SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD 064020 MEDAN SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1.COVER TESIS.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
3.Abstrak.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9.BAB I.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
13.BAB V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
14.Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan peta konsep dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD tanpa peta konsep; (2) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki perilaku sosial tinggi dengan siswa yang memiliki perilaku sosial rendah; dan (3) interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan perilaku sosial dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 064020 Medan Sunggal Tahun Pelajaran 2015/2016 pada semester ganjil tahun ajaran 2015-2016 yang terdiri dari 2 kelas. Seluruh siswa berjumlah 81 orang, terdiri dari kelas IV-A terdiri dari 40 orang, kelas IV-B terdiri dari 41. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi dijadikan sampel (total sampling). Peneliti menetapkan siswa kelas IV-A diberikan perlakukan STAD dengan peta konsep dan siswa kelas IV-B diberikan perlakukan STAD tanpa peta konsep. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan serta instrument test perilaku sosial berupa angket untuk mengetahui kemampuan awal perilaku sosial siswa. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA Faktorial 2 × 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar IPA siswa kelas model pembelajaran kooperatif STAD menggunakan peta konsep lebih tinggi dari hasil belajar IPA siswa kelas model pembelajaran kooperatif STAD tanpa menggunakan peta konsep dengan Fhitung> Ftabel (16,801>3,26); (2) hasil belajar IPA siswa yang memiliki perilaku sosial tinggi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki perilaku sosial rendah dengan Fhitung> Ftabel (27,100>3,26); dan (3) ada interaksi antara model pembelajaran dan perilaku sosial terhadap hasil belajar IPA siswa dengan Fhitung> Ftabel (17,054>3,26). Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan dapat diterapkan bagi guru dan sekolah dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan peta konsep dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu perlu ditingkatkan perilaku sosial siswa dalam pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Tar p |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe STAD; Peta konsep; Perilaku sosial; Pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 03:00 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8383 |