Pasaribu, Vidia Imanda (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123341054 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4123341054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
3. NIM 4123341054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4. NIM 4123341054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
5. NIM 4123341054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM 4123341054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4123341054 TABLES.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8. NIM 4123341054 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
9. NIM 4123341054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
13. NIM 4123341054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM 4123341054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar siswa
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan
tipe Student Teams Achievement Division (STAD) serta untuk mengetahui apakah
ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Student Teams Achievement Division
(STAD) pada materi pokok Ekosistem di kelas X SMA Negeri 8 Medan tahun
pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah semua siswa X SMA
Negeri 8 Medan. Sampel terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 80 orang yang diambil
secara acak purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen
dengan instrumen berupa tes pilihan berganda. Dari hasil perhitungan persentase
peningkatan hasil belajar ditemukan bahwa persentase hasil belajar dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) adalah
41,19 % dan persentase peningkatan hasil belajar dengan menggunakan Student
Teams Achievement Division (STAD) adalah 27,61 %. hasil perhitungan statistik
uji t menunjukkan bahwa thitung = 4,06. Pada = 0,05 dengan ttabel = 1,994 H0
diterima jika -1,994 < thitung < 1,994 dan Ha diterima jika thitung tidak berada pada
wilayah -1,994 dan 1,994. Dengan demikian dinyatakan bahwa ada perbedaan
hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair Share (TPS) dan Think Pair Share (TPS) pada materi pokok ekosistem
di kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 055 |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa;; Think Pair Share;Student Teams Achievement Division |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 01:39 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 01:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8373 |