Padang, Selloh Nurcahaya (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR YANG DIAJARMELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (MAM) DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) PADAMATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122141016 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 4122141016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3. NIM. 4122141016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
4. NIM. 4122141016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 4122141016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM 4122141016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4122141016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4122141016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
9. NIM 4122141016 BAB I.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
13. NIM 4122141016 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 4122141016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa
yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe MAM dan model
pembelajaran TTW. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
IPA yang ada di SMA Negeri 5 Medan T.A 2015/2016 yang terdiri dari 10 kelas.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas XI IPA5
dan kelas XI IPA6. Kelas XI IPA5 digunakan sebagai kelas eksperimen-1 dengan
jumlah siswa 30 orang dan kelas XI IPA6 digunakan sebagai kelas eksperimen-2
dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil
belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan dua
kelas sebagai sampel penelitian. Kelas eksperimen-1 diberikan perlakuan dengan
menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan kelas
eksperimen-2 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match
(MAM). Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen-1 diperoleh nilai rata-rata
pretes sebesar 42,166 dan nilai rata-rata postes sebesar 70,167 sedangkan untuk
kelas eksperimen-2 diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 42,166 dan nilai ratarata
postes sebesar 77,167. Sebelum tehnik analisis digunakan terlebih dahulu uji
persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data. Uji normalitas
diuji dengan uji liliefors sedangkan uji homogenitas digunakan uji F. Dari
pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan
homogen. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada taraf α = 0,05.
Hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel = 2,508 > 1,981. Hal ini berarti bahwa
terima Ha atau tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbandingan yang
signifikan antara hasil belajar biologi siswa yang diajarkan melalui model
pembeajaran TTW dengan model pembelajaran kooperatif tipe MAM pada materi
sistem ekskresi manusia di SMA Negeri 5 Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 100 |
Keywords: | Hasil Belajar; Make A Match (MAM); Think Talk Write (TTW); Sistem Ekskresi Manusia |
Subjects: | Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 08:35 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 09:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8369 |