Nababan, Ruth Harinti (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN LKS HASIL KARYA GURU DAN LKS YANG BUKAN HASIL KARYA GURU PADA MATERIPENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BABALAN PANGKALAN BRANDAN T.P. 2 015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123141085 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2. NIM 4123141085 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
3. NIM 4123141085 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
4. NIM 4123141085 PREFACE.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
5. NIM 4123141085 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM 4123141085 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM 4123141085 TABLES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM 4123141085 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM 4123141085 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
13. NIM 4123141085 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14. NIM 4123141085 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa
dengan menggunakan LKS Hasil Karya Guru dan LKS yang Bukan Hasil Karya
Guru pada materi Pencemaran Lingkungan di kelas VII SMP Negeri 2 Babalan
Tahun Pembelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari empat kelas yaitu
kelas VIII-3, VII-4 menggunakan LKS Hasil Karya Guru dengan jumlah siswa
masing-masing 32 orang dan kelas VIII-5, VII-7 menggunakan LKS yang Bukan
Hasil Karya Guru dengan jumlah siswa masing-masing 32 orang. Hasil analisis
data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan LKS Hasil Karya
Guru ( ̅) = 88,7 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa menggunakan LKS
yang Bukan Hasil Karya Guru ( ̅) = 75,5. Hasil hipotesis dengan menggunakan
uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (10,9 > 2,0), sehingga
dalam penelitian ini hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha)
diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil
belajar siswa dengan menggunakan LKS Hasil Karya Guru dan LKS yang Bukan
Hasil Karya Guru pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri
2 Babalan, Pangkalan Brandan, Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 103 |
Keywords: | hasil Belajar; lks hasil karya guru; lks yang bukan hasil karya guru; pencemaran lingkungan |
Subjects: | Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 08:29 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8368 |