Rangkuti, Isma Trinadya (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NUSANTARA LUBUK PAKAM T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141043_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4123141043_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
3. NIM. 4123141043_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 4123141043_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4123141043_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 4123141043_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4123141043_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4123141043_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4123141043_BAB I.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
13. NIM. 4123141043_BAB V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM. 4123141043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran project based learning pada materi pencemaran lingkungan kelas X3 SMA Nusantara Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 yang berjumlah 37 orang. Hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini mencakup aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Hasil belajar aspek kognitif dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan berganda sedangkan hasil belajar aspek psikomotorik dan afektif dikumpulkan dengan menggunakan lembar penilaian observasi. Data penelitian yang berhubungan dengan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa melalui bantuan lima orang observer. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa yaitu 13,5% pada pra siklus, 65,2% pada siklus I dan 86,5% pada siklus II. Pada aspek psikomotorik siklus II terjadi peningkatan dari siklus I, yaitu dibuktikan rata-rata penilaian psikomotor siswa bahwa rata-rata 78,8% pada siklus I meningkat menjadi 87,6% pada siklus II siswa telah mendapatkan kategori baik. Rata-rata persentase afektif siswa yaitu 74,1%% pada siklus I dan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 85,8% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 115 |
Keywords: | Project Based Learning; Hasil Belajar; Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 08:25 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 09:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8367 |