Lubis, Riza Mawarni (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123341041 COVER.docx - Published Version
Download (71kB)
2. NIM 4123341041 APPROVAL SHEET.docx - Published Version
Download (297kB)
3. NIM 4123341041 ABSTRACT.docx - Published Version
Download (22kB)
4. NIM 4123341041 PREFACE.docx - Published Version
Download (18kB)
5. NIM 4123341041 TABLE OF CONTENT.docx - Published Version
Download (23kB)
6. NIM 4123341041 ILLUSTRATION.docx - Published Version
Download (21kB)
7. NIM 4123341041 TABLES.docx - Published Version
Download (20kB)
8. NIM 4123341041 APPENDICES.docx - Published Version
Download (21kB)
9. NIM 4123341041 CHAPTER I.docx - Published Version
Download (51kB)
13. NIM 4123341041 CHAPTER V.docx - Published Version
Download (41kB)
14. NIM 4123341041 BIBLIOGRAPHY.docx - Published Version
Download (42kB)
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 8 Medan ini bertujuan untuk
mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model Mind
Mapping dan Model Jigsaw Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen
dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8
Medan yaitu sebanyak 7 kelas dengan rata-rata jumlah siswa 40 orang. Sampel
penelitian diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik Purposif sampling,
yaitu Kelas Eksperimen I dan Kelas Eksperimen II masing-masing sebanyak 40
siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk
objektif tes, yaitu untuk soal postes sebanyak 25 soal yang masing-masing telah
dinyatakan valid dan reliabel. Sebelum pengujian hipótesis terlebih dahulu diuji
normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik
Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang
dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen.
Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan
dengan menggunakan model Mind Mapping lebih tinggi dari hasil belajar siswa
yang diajar dengan model Jigsaw dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung
> ttabel yaitu 2,245 > 1,994 pada taraf 0,05 . Hasil belajar siswa kelas
Eksperimen I diperoleh rata-rata pretes sebesar 61,10 dan rata-rata postes sebesar
81,60. Sedangkan hasil belajar siswa kelas Eksperimen II diperoleh rata-rata
pretes sebesar 63,50 dan rata-rata postes sebesar 78,25
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 098 |
Keywords: | Hasil Belajar; Mind Mapping; Jigsaw; Model Pembelajaran; Eksperimen; Purposif Sampling. |
Subjects: | Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 04:01 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8355 |