Mariana, Ely (2016) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA (MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI TELADAN GUPPI TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2015-2016). Masters thesis, UNIMED.
1 Cover.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2 lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
3 Abstrak.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
5 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9 BAB I.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
13 BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
14 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) membuat pengembangan media vido pembelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan indonesia di kelas V MI Teladan Guppi Tebing Tinggi dengan menggunakan media video pembelajaran yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran sebagai sumber belajar, (2) mengetahui respon siswa tentang media video pembelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan indonesia di kelas V MI Teladan Guppi Tebing Tinggi sebagai media pembelajaran sebagai sumber belajar. Jenis penelitian inin adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan R & D Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara sistematis yang disesuaikan dengan karakteristik pelajaran dan peserta didik. Model ini terdiri dari sembilan tahapan, yakni studi literatur, studi lapangan, deskripsi temuan, perancangan media video, judgement pakar, revisi, uji coba terbatas, evaluasi dan penyempurnaan, produk akhir. Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi bidang studi IPS, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli media/desain grafis, tiga siswa untuk uji coba perorangan, sembilan siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan lima puluh delapan siswa untuk uji coba lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket dan lembar expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi mata pelajaran IPS berada pada kualifikasi sangat baik (95,00%), (2) uji ahli desain pembelajaran pada kualifikasi sangat baik (87,50%), (3) uji ahli desain grafis/ahli media kualifikasi sangat baik (92,50%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (93,33%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (91,39%), (6) uji coba lapangan berada dikualifikasi sangat baik (97,84%). Produk akhir dari pengembangan ini berupa CD Video pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelas V MI Teladan Guppi Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2015-2016 semester genap berjumlah 58 orang siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Mar p |
Keywords: | Media pembelajaran; Video pembelajaran; Ilmu pengetahuan sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 03:04 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8347 |