UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI MTS NEGERI 2 MEDAN ESTATE

Suryati (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI MTS NEGERI 2 MEDAN ESTATE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4121111026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4121111026 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4121111026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4121111026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4121111026 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4121111026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4121111026 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4121111026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4121111026 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4121111026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4121111026 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4121111026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4121111026 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4121111026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4121111026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4121111026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4121111026 BAB 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4121111026 BAB 1.pdf - Published Version

Download (737kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4121111026 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4121111026 BAB V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4121111026 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4121111026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi Kubus dan Balok di kelas VIII-3 MTs Negeri 2 Medan Estate T.A 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 MTs Negeri 2 Medan Estate yang berjumlah 44 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi Kubus dan Balok di kelas VIII-3 MTs Negeri 2 Medan Estate T.A 2015/2016. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes, dan observasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil dari PTK ini merupakan tindakan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan berpikir kreatif. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes akhir kemampuan berpikir kreatif. Jumlah siswa yang telah mampu menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif dari tes awal yaitu 9 dari 44 orang (20,45%) dengan rata-rata kelas 61,51. Hasil analisis data pada siklus I setelah menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah menunjukkan jumlah siswa yang telah mampu menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif I adalah 23 orang siswa (52,27%), dengan rata-rata kelas 61,93. Hasil analisis data pada siklus II dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah menunjukkan jumlah siswa yang telah mampu menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif II adalah 38 orang siswa (86,36%), dengan rata-rata kelas 75,43. Berdasarkan kriteria kemampuan berpikir kreatif maka pembelajaran ini telah mencapai terget kemampuan berpikir kreatif siswa berada pada kategori sedang.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah, kemampuan berpikir kreatif siswa dapat meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah sebagai alternatif dalam pembelajaran dan selalu memuat latihan dan tes yang bertujuan lebih melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 093
Keywords: Model Pembelajaran; Pembelajaran Berbasis Masalah; Kubus; Balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:21
Last Modified: 04 Aug 2016 07:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8334

Actions (login required)

View Item
View Item