Sitepu, Meydayanti Br (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN CABRI II PLUS PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DI KELAS VIII SMP SWASTA NURCAHAYA MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123111049 Cover.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. 4123111049 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
3. 4123111049 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. 4123111049 Abstrak.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
5. 4123111049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. 4123111049 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. 4123111049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. 4123111049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. 4123111049 Daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
10. 4123111049 BAB I.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
14. 4123111049 BAB V.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
15. 4123111049 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran metode
Discovery Learning berbantuan Cabri II Plus dapat meningkatkan kemampuan penalaran
matematika pada materi garis singgung lingkaran di kelas VIII SMP Swasta Nurcahaya Medan,
(2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran siswa setelah diterapkannya metode
Discovery Learning berbantuan Cabri II Plus pada materi garis singgung lingkaran di kelas VIII
SMP Swasta Nurcahaya Medan, (3) Untuk mengetahui bagaimana proses jawaban siswa pada
materi garis singgung lingkaran di kelas VIII SMP Swasta Nurcahaya Medan. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus masing-masing terdiri dari
dua kali pertemuan. Dari hasil analisis data tes awal diperoleh 6 siswa yang mencapai ketuntasan
belajar dari 33 siswa atau 18,18% dengan rata-rata kelas 45,73 yang artinya tingkat penalaran
siswa berada pada kriteria sangat rendah. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan metode
Discovery Learning berbantuan Software Cabri II Plus menunjukkan banyaknya siswa yang
mencapai ketuntasan belajar adalah 15 dari 33 siswa atau 45,45% dengan rata-rata kelas 62,99
dimana tingkat penalaran siswa berada pada kategori rendah. Hasil analisis data akhir siklus II
dengan pembelajaran yang sama diperoleh 29 siswa mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar
87,87% dengan rata-rata kelas 81,47 dimana tingkat penalaran siswa berada pada kriteria tinggi.
Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria
ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode Discovery Learning berbantuan
Software Cabri II Plus di kelas VIII-3 SMP Swasta Nurcahaya Medan meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 059 |
Keywords: | Metode Pembelajaran; Discovery Learning; Garis Singgung lingkaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 04:53 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8326 |