Manalu, Roy Adi Putra (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 6 MEDAN T. A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4122111032 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM 4122111032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
3. NIM 4122111032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM 4122111032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM 4122111032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
6. NIM 4122111032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM 4122111032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8. NIM 4122111032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM 4122111032 BAB I.pdf - Published Version
Download (723kB) | Preview
13. NIM 4122111032 BAB V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
14. NIM 4122111032 DATAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui strategi yang dilakukan dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dalam
meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. (2) Mengetahui peningkatan aktivitas
belajar matematika siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe GI.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)..
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 6 Medan yang berjumlah 38
orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe GI untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa pada materi
luas permukaan dan volume kubus dan balok tahun ajaran 2015/2016. Dari hasil
penelitian diperoleh bahwa Aktivitas belajar siswa pada siklus I belum memenuhi
kategori ideal karena persentase aktivitas siswa Mendengarkan/memperhatikan
penjelasan guru/teman melewati batas toleransi PWI yaitu 30,835% dari waktu yang
tersedia sedangkan idealnya 20% ≤
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 052 |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Group Investigation; Kubus; Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 04:21 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8322 |