PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN BANTUAN MEDIA POWERPOINT DI KELAS VII SMP NEGERI 4 MEDAN PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT

Nainggolan, Jhohannes Oktafianus (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN BANTUAN MEDIA POWERPOINT DI KELAS VII SMP NEGERI 4 MEDAN PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  NIM.  4112111012 _ COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4112111012 _ COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 2.  NIM.  4112111012 _ APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4112111012 _ APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 3.  NIM.  4112111012 _ BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4112111012 _ BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 4.  NIM.  4112111012 _ ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4112111012 _ ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 5.  NIM.  4112111012 _ PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4112111012 _ PREFACE.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 6.  NIM.  4112111012 _ TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4112111012 _ TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 7.  NIM.  4112111012_ ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4112111012_ ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 8.  NIM.  4112111012 _ TABLES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4112111012 _ TABLES.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 9.  NIM.  4112111012 _ GRAPHICS.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4112111012 _ GRAPHICS.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM.  4112111012 _ APPENDIX.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4112111012 _ APPENDIX.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM.  4112111012 _ CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 4112111012 _ CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM.  4112111012 _ CHAPTER  V.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4112111012 _ CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 16. NIM.  4112111012 _ BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
16. NIM. 4112111012 _ BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika
siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan dengan menggunakan model pembelajaran
Kooperatif tipe STAD pada materi bangun datar segiempat.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing dilaksanakan dalam 2 kali
pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 SMP Negeri 4
Medan tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 36 orang. Objek dalam penelitian ini
adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar
segiempat di kelas VII SMP Negeri 4 Medan tahun ajaran 2015/2016.
Pengambilan data dilakukan dengan tes awal, tes hasil belajar pada akhir
siklus, lembar observasi untuk tiap kali pertemuan dan lembar aktivitas siswa
(LAS). Hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Hal ini dilihat
dari peningkatan rata-rata hasil belajar matematika siswa dari tes awal, siklus I,
dan siklus II, yakni dari 58,89 (58.89%) dengan tingkat kemampuan sangat rendah
di tes awal menjadi 70,79 (70,79 %) dengan tingkat kemampuan sedang di siklus I
dan menjadi 80,16 (80,16%) dengan tingkat kemampuan tinggi di siklus II.
Adapun dengan perhitungan tingkat ketuntasan belajar Kelompok pada Lembar
Aktivitas Siswa di siklus I diperoleh nilai rata-rata kelompok 75 (75%) dengan
jumlah kelompok yang tuntas adalah 4 kelompok dari 6 kelompok menjadi nilai
81,67 (81,67%) dengan jumlah kelompok yang tuntas adalah 5 kelompok dari 6
kelompok atau 81,67% dengan kriteria ketuntasan tinggi pada siklus II.
Kelebihan penerapan model pembelajaran ini adalah dapat meningkatkan
kemampuan siswa dalam meningkatkan hasil belajar melalui kegiatan berdiskusi,
siswa menjadi berani dalam mengeluarkan pendapat dan tampil di depan kelas
menuliskan hasil pekerjaannya, serta siswa lebih termotivasi lagi ketika pekerjaan
siswa diberikan penghargaan
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika
siswa pada materi bangun datar segiempat di kelas VII SMP Negeri 4 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 086
Keywords: Hasil Belajar; Kooperatif Tipe STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Aug 2016 03:57
Last Modified: 04 Aug 2016 03:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8320

Actions (login required)

View Item
View Item