Nainggolan, Jhohannes Oktafianus (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN BANTUAN MEDIA POWERPOINT DI KELAS VII SMP NEGERI 4 MEDAN PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4112111012 _ COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM. 4112111012 _ APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
3. NIM. 4112111012 _ BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4. NIM. 4112111012 _ ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM. 4112111012 _ PREFACE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 4112111012 _ TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
7. NIM. 4112111012_ ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM. 4112111012 _ TABLES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
9. NIM. 4112111012 _ GRAPHICS.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
10. NIM. 4112111012 _ APPENDIX.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
11. NIM. 4112111012 _ CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
15. NIM. 4112111012 _ CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
16. NIM. 4112111012 _ BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika
siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan dengan menggunakan model pembelajaran
Kooperatif tipe STAD pada materi bangun datar segiempat.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing dilaksanakan dalam 2 kali
pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 SMP Negeri 4
Medan tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 36 orang. Objek dalam penelitian ini
adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar
segiempat di kelas VII SMP Negeri 4 Medan tahun ajaran 2015/2016.
Pengambilan data dilakukan dengan tes awal, tes hasil belajar pada akhir
siklus, lembar observasi untuk tiap kali pertemuan dan lembar aktivitas siswa
(LAS). Hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Hal ini dilihat
dari peningkatan rata-rata hasil belajar matematika siswa dari tes awal, siklus I,
dan siklus II, yakni dari 58,89 (58.89%) dengan tingkat kemampuan sangat rendah
di tes awal menjadi 70,79 (70,79 %) dengan tingkat kemampuan sedang di siklus I
dan menjadi 80,16 (80,16%) dengan tingkat kemampuan tinggi di siklus II.
Adapun dengan perhitungan tingkat ketuntasan belajar Kelompok pada Lembar
Aktivitas Siswa di siklus I diperoleh nilai rata-rata kelompok 75 (75%) dengan
jumlah kelompok yang tuntas adalah 4 kelompok dari 6 kelompok menjadi nilai
81,67 (81,67%) dengan jumlah kelompok yang tuntas adalah 5 kelompok dari 6
kelompok atau 81,67% dengan kriteria ketuntasan tinggi pada siklus II.
Kelebihan penerapan model pembelajaran ini adalah dapat meningkatkan
kemampuan siswa dalam meningkatkan hasil belajar melalui kegiatan berdiskusi,
siswa menjadi berani dalam mengeluarkan pendapat dan tampil di depan kelas
menuliskan hasil pekerjaannya, serta siswa lebih termotivasi lagi ketika pekerjaan
siswa diberikan penghargaan
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika
siswa pada materi bangun datar segiempat di kelas VII SMP Negeri 4 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 086 |
Keywords: | Hasil Belajar; Kooperatif Tipe STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 03:57 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8320 |