Mariani, Tia (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STAD DI KELAS VII SMP SWASTA YPK MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4121111027 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. 4121111027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
3. 4121111027 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. 4121111027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5. 4121111027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
6. 4121111027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. 4121111027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. 4121111027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. 4121111027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
10. 4121111027 BAB I.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
14. 4121111027 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. 4121111027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VII SMP Swasta YPK Medan, dan untuk mengetahui proses peyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD di kelas VII SMP Swasta YPK Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta YPK Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan kelas VII-D sebanyak 61 orang. Kelas VII-A diajar menggunakan model kooperatif tipe STAD dan kelas VII-A diajar menggunakan model kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Data yang digunakan adalah tes PAM yang diambil dari 15 butir soal UN Sekolah Dasar dan tes kemampuan penalaran matematik berbentuk uraian sebanyak 5 soal untuk melihat kemampuan penalaran matematik siswa dan menganalisis isi lembar jawaban siswa untuk mengetahui proses penyelesaian jawaban siswa. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas tes menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil tes PAM kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan penalaran matematik yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah 74,98 dengan simpangan baku 4,88 dan rata-rata hasil tes kemampuan penalaran matematik yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 70,46 dengan simpangan baku 5,81. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,252 dan ttabel = 2,001. Ternyata thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima sehingga diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan penalaran matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VII SMP Swasta YPK Medan, dan analisa lembar jawaban siswa dapat disimpulkan bahwa pada kelas VII-A dan kelas VII-D sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan di setiap indikator penalaran matematik pada setiap butir soal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 074 |
Keywords: | Penalaran Matematik; Model Pembelajaran; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 02:31 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8312 |