Hutapea, Veronica Rogate (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERIKUBUS DAN BALOK BAGI SISWA KELAS VIII-3 SMP NEGERI 37 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 4123111085 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 4123111085 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
3. NIM. 4123111085 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. NIM.4123111085 PREFACE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
5. NIM 4123111085 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 4123111085 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM. 4123111085 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 4123111085 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (945kB) | Preview
13. NIM. 4123111085 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM. 4123111085 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematik melalui penerapan pendekatan open-ended pada materi kubus dan
balok bagi siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 37 Medan. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VIII-3 SMP Negeri 37 Medan T.A 2015/2016 yang berjumlah 40 orang.
Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa
dengan pendekatan open-ended pada materi kubus dan balok. Berdasarkan
analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus Imelalui tes kemampuan
pemecahan masalah matematik Idiperoleh 19 siswa (47,5%) dari 40 siswa telah
mencapai ketuntasan belajar (nilainya 75). Setelah siklus II, melalui pemberian
tes kemampuan pemecahan masalah matematik II diperoleh 35 siswa (87,5%) dari
40 siswayang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 75). Setelah
pemberian tindakan pada siklus I diperoleh hasil tes kemampuan pemecahan
masalah matematiksiswa pada setiap aspek yang diteliti, aspek memahami
masalah skor rata-rata siswa 87,08 (tinggi), aspek merencanakan penyelesaian
masalah skor rata-rata siswa 86,25 (tinggi), aspek menyelesaikan penyelesaian
masalah skor rata-rata siswa 74,79 (sedang), dan aspek menarik kesimpulan skor
rata-rata siswa 25,83 (sangat rendah). Dan pada siklus II terjadi peningkatan
seperti berikut, aspek memahami masalah skor rata-rata siswa 88,33 (tinggi),
aspek merencanakan penyelesaian masalah skor rata-rata siswa 97,5 (sangat
tinggi), aspek menyelesaikan penyelesaian masalah skor rata-rata siswa 88,95
(tinggi), dan aspek menarik kesimpulan skor rata-rata siswa 38,61 (sangat
rendah). Nilai rata-rata pada tes kemampuan pemecahan masalah matematik pada
siklus I yaitu 68,84 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,87.Berdasarkan
uraian diatas disimpulkan bahwapendekatan Open-Ended dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada materi kubus dan balok
bagi siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 37 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 070 |
Keywords: | Pemecahan Masalah Matematik, Pendekatan Open-ended, Kubus, Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 02:19 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8311 |