Nurlia, Eka (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII-8 SMP NEGERI 27 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121111009 COVER.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
2. NIM 4121111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
3. NIM 4121111009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4. NIM 4121111009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM 4121111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 4121111009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 4121111009 TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. NIM 4121111009 GRAFIC.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 4121111009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
10. NIM 4121111009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
14. NIM 4121111009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM 4121111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan
kemampuanpemecahanmasalahmatematissiswa,(2)Mengetahuiketuntasan
belajar matematika siswa, (3) Mengetahui respon siswa terhadap
pembelajaranmelaluipendekatanrealistik.Jenispenelitianiniadalahini
adalahpenelitiantindakankelasyangdilaksanakandalam 2siklusyang
masing-masingdilaksanakandalam2kalipertemuan.Subjekdalampenelitian
iniadalahsiswakelasVII-8SMPNegeri27Medanyangberjumlah40orang.
Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematissiswa melaluipendekatan realistik pada
materisegiempatdikelasVII-8SMPNegeri27Medan.
Pengambilan data dilakukan dengan tes kemampuan pemecahan
masalah,lembar observasidan lembar respon siswa.Hasilpenelitian
menunjukkanbahwakemampuanpemecahanmasalahmengalamipeningkatan.
Halinidapat dilihat daripeningkatan rata-rata pemecahan masalah
matematikasiswadaritesawal,siklusI,dansiklusII,yaknidari54,37
(54,37%)dengantingkatkemampuanpemecahanmasalahsangatrendahdi
tesawalmenjadi73,83(73,83%)dengantingkatkemampuanpemecahan
masalah sedang disiklusIdan menjadi92,5 (92,5%)dengan tingkat
kemampuansangattinggidisiklusII.
Ketuntasanbelajarmatematikasiswamengalamipeningkatansecara
klasikaldaritesawal,siklusI,dansiklusII.Halinidapatdilihatdari
peningkatanjumlahsiswayangtuntasdaritesawal,siklusI,dansiklusII,
yaknidari0(0%)siswayangtuntasditesawalmenjadi27(67,5%)siswa
yangtuntasdisiklusIdanmenjadi39(92,5%)siswayangtuntasdisiklusII.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1)
Kemampuanpemecahanmasalahmatematissiswamengalamipeningkatan
melaluipendekatan realistikdikelasVII-8SMP Negeri27Medan,(2)
Ketuntasan belajar matematika siswa mengalamipeningkatan melalui
pendekatanrealistikdikelasVII-8SMPNegeri27Medan,(3)Responsiswa
terhadappembelajarandenganpendekatanrealistikpadamaterisegiempat
dikelasVII-8SMPNegeri27Medanadalahpositif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 056 |
Keywords: | Balajajr Matematika; Pemecahan Masalah; Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 08:36 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8303 |