Maisarah (2016) PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HANDS-ON MATHEMATICS DAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN RELASIONAL DAN MATHEMATICSANXIETY SISWA SDIT KHAIRUL IMAM. Masters thesis, UNIMED.
MAISARAH NIM 8146181016 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
MAISARAH NIM 8146181016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
MAISARAH NIM 8146181016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
MAISARAH NIM 8146181016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
MAISARAH NIM 8146181016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
MAISARAH NIM 8146181016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
MAISARAH NIM 8146181016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
MAISARAH NIM 8146181016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
MAISARAH NIM 8146181016 BAB I.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
MAISARAH NIM 8146181016 BAB V.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
MAISARAH NIM 8146181016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran HOM dan RME terhadap kemampuan pemahaman relasional; (2) peningkatan kemampuan pemahaman relasional siswa yang diajarkan dengan HOMdan RME; (3) pengaruh model pembelajaran HOMdan RMEterhadap mathematics anxiety.Penelitian berbentuk Pre-Experimental Design dengan rancangan Two Group Pretest-Posttest.Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman relasional, angket mathematics anxiety dan lembar pengamatan. Analisis data menggunakan uji-t dan gain score. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengaruh HOMlebih baik dibandingkan RME terhadap kemampuan pemahaman relasional, hal ini berdasarkan thitung (=3,081) lebih besar dari ttabel (=1,671); (2) Peningkatan kemampuan pemahaman relasional siswa yang diajarkan dengan HOMlebih tinggi dari RME, hal iniberdasarkan gain score dan karakteristik model. HOM menggunakan alat peraga yang dieksplor, sedangkan RME menggunakan masalah kontekstual berbentuk cerita; (3) Pengaruh HOMlebih baik dibandingkan RME terhadap mathematics anxiety, hal ini berdasarkan thitung (=-1,219) lebih kecil dari ttabel (=1,671).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Mai p |
Keywords: | Bangun datar; Hands-on mathematics; Kemampuan pemahaman relasional; Mathematics anxiety; Realistic mathematics education |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 03:58 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8290 |