Hasanah (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS IV MIS AL-WASHLIYAH TANDAM HILIR II. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136181009. HASANAH. COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. 8136181009. HASANAH. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
3. 8136181009. HASANAH. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4. 8136181009. HASANAH. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5. 8136181009. HASANAH. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. 8136181009. HASANAH. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. 8136181009. HASANAH. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. 8136181009. HASANAH. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
9. 8136181009. HASANAH. BAB I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
13. 8136181009. HASANAH. BAB V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
14. 8136181009. HASANAH. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan minat belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran berbasis masalah dan untuk melihat interaksi antara kemampuan awal dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan minat belajar siswa. Jenis penelitian eksperimen semu dengan sampel penelitian sebanyak 23 siswa pada kelas eksperimen dan 24 siswa pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan awal, tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan angket minat belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa (2) peningkatan minat belajar siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa (3) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal dengan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep (4) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal dengan pembelajaran terhadap peningkatan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Has p |
Keywords: | Kemampuan pemahaman konsep; Minat belajar; Kemampuan awal; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 03:45 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8287 |