Sabri (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS IV MIN GLUGUR DARAT MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136181025 COVER.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
2. NIM 8136181025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
3. NIM 8136181025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4. NIM 8136181025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
5. NIM 8136181025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
6. NIM 8136181025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 8136181025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM 8136181025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
9. NIM 8136181025 BAB I.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
13. NIM 8136181025 BAB V.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
14. NIM 8136181025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui perbedaan belajar PKn antara penggunaan srategi pembelajaran think pair share dan srategi pembelajaran numbered head together, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah, (3) untuk mengetahui intraksi antara strategi pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar PKn.
Polpulasi penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Glugur Darat Medan. Polulasi terdiri atas 3 kelas yang terdiri atas 48 siswa. Sampel penelitian ditetapkan kelas IVA yang menggunakan strategi TPS dan kelas IVB yang menggunakan strategi pembelajaran NHT. Instrument dalam penelitian ini, tes berbentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 10 soal. Data minat belajar siswa diperoleh dengan melakukn penyebaran angket, angket minat belajar dalam penelitian ini berjumlah 24 pernataan dengan empat alternative jawaban. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi 0.05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.
Hasil penelitian adalah : (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan srategi pembelajaran TPS adalah = 83,18 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang di ajar dengan strategi pembelajaran NHT =79,60 dengan nilai sig = 0,023 < α = 0,05 (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan minat belajar tinggi =79,76 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan minat belajar rendah =55,60 dengan nilai sig = 0,049 = α = 0,05 (3) terdapat interaksi antara starategi pembelajaran dan minat belajar tehadap hasil belajar PKn dengan nilai sig =0,00 > α = 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Sab p |
Keywords: | Strategi think pair share; Strategi number head together; Minat belajar; Hasil belajar PKn |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 02:32 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8281 |