Syahindra, Ok M Daniel (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE QUANTUM TEACHING SISWA KELAS VII SMP AL – IHSAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136181020 OK M DANIEL SYAHINDRA COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. 8136181020 OK M DANIEL SYAHINDRA LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. 8136181020 OK M DANIEL SYAHINDRA ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4. 8136181020 OK M DANIEL SYAHINDRA DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. 8136181020 OK M DANIEL SYAHINDRA KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. 8136181020 OK M DANIEL SYAHINDRA DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. 8136181020 OK M DANIEL SYAHINDRA DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. 8136181020 OK M DANIEL SYAHINDRA DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. 8136181020 OK M DANIEL SYAHINDRA BAB I.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. 8136181020 OK M DANIEL SYAHINDRA BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. 8136181020 OK M DANIEL SYAHINDRA DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan ini untuk : (1) meningkatkan motivasi siswa, dan (2) meningkatkan hasil belajar PPKn siswa materi norma dalam kehidupan di kelas VII 2015/.2016 Medan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Al- Ihsan Medan sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan angket motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan tekhnik kuantitatif dan tekhnik kualitatif dengan menentukan rata-rata persentase angket motivasi belajar siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, dan kemudian menentukan kriteria keberhasilannya. Belajar siswa dalam pembelajaran PPKn. Hal ini dapat dilihat dari persentase skor rata-rata pada siklus I sebesar 81,10% dan pada siklus II sebesar 89,75%. (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn materi norma dalam kehidupan. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 75,80% dan pada siklus II sebesar 93,33% sehingga terjadi peningkatan sebesar 17,53%. Diharapkan jika diterapkan metode quantum teaching, guru harus pandai memanfaatkan waktu dan harus memahami metode dan materi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Sya u |
Keywords: | Metode quantum teaching; Motivasi; Hasil belajar PKn |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 02:19 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8274 |