Manurung, Budi Darmawan (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIK ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI SMP N 1 B. PULAU. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136172011 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2. 8136172011 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
3. 8136172011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. 8136172011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
5. 8136172011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. 8136172011 TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. 8136172011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. 8136172011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
12. 8136172011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
13. 8136172011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah siswa yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Pendekatan Inkuiri (2) apakah terdapat perbedaan peningkatan Disposisi Matematik siswa yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Pendekatan Inkuiri (3) apakah terdapat interaksi antara Pendekatan pembelajaran (PMR dan Inkuiri) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah siswa, (4) apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran (PMR dan Inkuiri) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan Disposisi Matematik siswa, (5) bagaimana proses penyelesaian masalah Pemecahan Masalah siswa yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan yang diajar dengan pendekatan Inkuiri,. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Bandar Pulau yang terbagidalam 4 kelas, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 60 siswa melalui teknik cluster random sampling. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah siswa yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Pendekatan Inkuiri (2) terdapat perbedaan peningkatan Disposisi Matematik siswa yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Pendekatan Inkuiri (3) terdapat interaksi antara Pendekatan pembelajaran (PMR dan Inkuiri) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah siswa, (4) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran (PMR danInkuiri) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan Disposisi Matematik siswa, (5) proses penyelesaian masalah Pemecahan Masalah siswa yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik lebih baik diihat per-indikator dan lebih bervariasi dari yang diajar dengan pendekatan Inkuiri
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 515.354 071 Man p |
Keywords: | Pendekatan pembelajaran matematika realistik; Pendekatan inkuiri; Pemecahan masalah; Disposisi matematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 07:47 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8260 |