PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIK ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI SMP N 1 B. PULAU

Manurung, Budi Darmawan (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIK ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI SMP N 1 B. PULAU. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8136172011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8136172011 COVER.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8136172011 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8136172011 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8136172011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8136172011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8136172011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8136172011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8136172011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8136172011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8136172011 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8136172011 TABLES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8136172011 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8136172011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8136172011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8136172011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 12. 8136172011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8136172011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8136172011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8136172011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah siswa yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Pendekatan Inkuiri (2) apakah terdapat perbedaan peningkatan Disposisi Matematik siswa yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Pendekatan Inkuiri (3) apakah terdapat interaksi antara Pendekatan pembelajaran (PMR dan Inkuiri) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah siswa, (4) apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran (PMR dan Inkuiri) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan Disposisi Matematik siswa, (5) bagaimana proses penyelesaian masalah Pemecahan Masalah siswa yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan yang diajar dengan pendekatan Inkuiri,. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Bandar Pulau yang terbagidalam 4 kelas, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 60 siswa melalui teknik cluster random sampling. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah siswa yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Pendekatan Inkuiri (2) terdapat perbedaan peningkatan Disposisi Matematik siswa yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Pendekatan Inkuiri (3) terdapat interaksi antara Pendekatan pembelajaran (PMR dan Inkuiri) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah siswa, (4) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran (PMR danInkuiri) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan Disposisi Matematik siswa, (5) proses penyelesaian masalah Pemecahan Masalah siswa yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik lebih baik diihat per-indikator dan lebih bervariasi dari yang diajar dengan pendekatan Inkuiri

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 515.354 071 Man p
Keywords: Pendekatan pembelajaran matematika realistik; Pendekatan inkuiri; Pemecahan masalah; Disposisi matematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Aug 2016 07:47
Last Modified: 02 Aug 2016 07:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8260

Actions (login required)

View Item
View Item