PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X2 TKJ SMKS CITRA ABDI NEGORO BATUBARA

Yuliana, Zaini (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X2 TKJ SMKS CITRA ABDI NEGORO BATUBARA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146171093 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146171093 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146171093 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146171093 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146171093 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146171093 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146171093 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146171093 PREFACE.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146171093 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146171093 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146171093 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146171093 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146171093 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146171093 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146171093 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146171093 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146171093 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146171093 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146171093 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146171093 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146171093 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146171093 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematik siswa (2) mengetahui keefektifan model pembelajaran matematika berbasis pendekatan Scientific berbantuan software Autograph. Model pembelajaran yang dikembangkan dilengkapi dengan perangkat pembelajaran berupa RPP, dan LKS. Jenis penelitian ini adalah penelitian model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate) Thiagarajan, dan kemudian dimodifikasi menjadi 3-D dengan subjek penelitian ini siswa kelas X2 TKJ SMKS Citra Abdi Negoro Batubara yang berjumlah 30 orang. Uji coba dilakukan sebanyak tiga kali. Pada uji coba-1, dan uji coba-2 diperoleh peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematik tetapi keefektifan model pembelajaran belum terlaksana, karena terdapat kriteria ketercapaian tujuan pemebelajaran dan alokasi waktu yang belum mencapai efektif. Hasil uji coba-1, dan uji coba-2 dijadikan bahan untuk merevisi model pembelajaran. Pada uji coba-3 model pembelajaran sudah meningkat dan mencapai kriteria efektif. Hal ini ditunjukkan oleh: (a) Ketercapaian tujuan pembelajaran melebihi minimal 60%, (b) Ketercapaian kriteria ketuntasan klasikal terpenuhi yaitu 75% dari seluruh sampel telah mampu mencapai nilai minimal 2,67 atau B-, (c) Ketercapaian alokasi waktu terpenuhi. Model pembelajaran yang dikembangkan menghasilkan sintaks yang meliputi: (1) Mengamati tampilan melalui infokus, (2) Menanyakan hal yang tidak dipahami ke guru maupun temannya, (3) Mencoba eksperimen menggunakan software Autograph, (4) Mengolah informasi yang terkumpul dan menyelesaikan LKS menggunakan software Autograph, (5) Mengkomunikasikan hasil kerja kelompok menggunakan infokus.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 516.240 719 Yul p
Keywords: Pendekatan scientific berbantuan software autograph; Pemecahan masalah; Berpikir kreatif matematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Aug 2016 07:33
Last Modified: 02 Aug 2016 07:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8257

Actions (login required)

View Item
View Item