Yuliana, Zaini (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X2 TKJ SMKS CITRA ABDI NEGORO BATUBARA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146171093 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 8146171093 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
3. NIM. 8146171093 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM. 8146171093 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM. 8146171093 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6. NIM. 8146171093 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
7. NIM. 8146171093 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
8. NIM. 8146171093 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
9. NIM. 8146171093 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
13. NIM. 8146171093 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
14. NIM. 8146171093 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematik siswa (2) mengetahui keefektifan model pembelajaran matematika berbasis pendekatan Scientific berbantuan software Autograph. Model pembelajaran yang dikembangkan dilengkapi dengan perangkat pembelajaran berupa RPP, dan LKS. Jenis penelitian ini adalah penelitian model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate) Thiagarajan, dan kemudian dimodifikasi menjadi 3-D dengan subjek penelitian ini siswa kelas X2 TKJ SMKS Citra Abdi Negoro Batubara yang berjumlah 30 orang. Uji coba dilakukan sebanyak tiga kali. Pada uji coba-1, dan uji coba-2 diperoleh peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematik tetapi keefektifan model pembelajaran belum terlaksana, karena terdapat kriteria ketercapaian tujuan pemebelajaran dan alokasi waktu yang belum mencapai efektif. Hasil uji coba-1, dan uji coba-2 dijadikan bahan untuk merevisi model pembelajaran. Pada uji coba-3 model pembelajaran sudah meningkat dan mencapai kriteria efektif. Hal ini ditunjukkan oleh: (a) Ketercapaian tujuan pembelajaran melebihi minimal 60%, (b) Ketercapaian kriteria ketuntasan klasikal terpenuhi yaitu 75% dari seluruh sampel telah mampu mencapai nilai minimal 2,67 atau B-, (c) Ketercapaian alokasi waktu terpenuhi. Model pembelajaran yang dikembangkan menghasilkan sintaks yang meliputi: (1) Mengamati tampilan melalui infokus, (2) Menanyakan hal yang tidak dipahami ke guru maupun temannya, (3) Mencoba eksperimen menggunakan software Autograph, (4) Mengolah informasi yang terkumpul dan menyelesaikan LKS menggunakan software Autograph, (5) Mengkomunikasikan hasil kerja kelompok menggunakan infokus.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.240 719 Yul p |
Keywords: | Pendekatan scientific berbantuan software autograph; Pemecahan masalah; Berpikir kreatif matematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 07:33 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8257 |