Nasution, Ali Umar (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAGIAN DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN GAYA MENGAJAR PENEMUAN TERBIMBING DAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4TANJUNG BALAI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6113112021 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 6113112021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
3. NIM. 6113112021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 6113112021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
5. NIM. 6113112021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM. 6113112021 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 6113112021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 6113112021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 6113112021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
13. NIM. 6113112021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 6113112021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Passing Bagian Dalam Permainan Sepak Bola Dengan Gaya Mengajar Penemuan Terbimbing Dan Modifikasi Alat Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4TanjungBalai Tahun Ajaran 2015/2016. Dari hasil pre-test yang dilakukan diketahui bahwa kemampuan siswa dalam melakukan passing dengan kaki bagian dalam masih tergolong rendah.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan gaya mengajar penemuan terbimbing. Dalam hal ini peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif. Misalnya mencari nilai rata-rata, presentase keberhasilan belajar, dan lain-lain.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa putera dan puteri kelas VII-1 SMPNegeri 4Kota TanjungBalai T.A 2015/2016 yang berjumlah 35 orang, 10 orang siswa putra dan 25 orang siswa putri. Untuk mengumpulkan data menggunakan lembar pengamatan, yang selanjutnya dianalisis dengan cara deskriptif secara persentase.
Presentase ketuntasan yang diperoleh dalam penelitian bahwa hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada siklus I sebanyak 18 orang (51,43%) tuntas, dan 17 orang (48,57%) tidak tuntas, dengan nilai rata-rata 63,09. Sedangkan presentase ketuntasan yang diperoleh pada siklus II sebanyak31 orang (88,57%) tuntas, dan 4 orang (11,43%) tidak tuntas, dengan nilai rata-rata 75,00.
Pada siklus I terdapat 17 orang tidak tuntas,hal ini disebakan karena siswa kurang mengerti saat melakukan passing dengan kaki bagian dalam, kaki tumpu berada disamping bola, ujung kaki mengahadap sasaran, lutut sedikit ditekuk, siswa terlalu fokus melihat sasaran sehingga kurang memperhatikan perkenaan bola yang menyebabkan bola tidak tepat sasaran, dan siswa kurang mampu melakukan passing dengan kaki bagian dalam pada saat kaki tendang diteruskan mnuju sasaran. Sedangkan pada siklus II terdapat 4 orang siswa perempuan tidak tuntas, hal ini dikarenakan minat terhadap materi yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar.
Pembelajaranpassingmenggunakan kaki bagiandalamtuntassetelahsiklus II, inidikarenakanpemberianmotivasi yang memicusemangatsiswauntukbelajar.Sedangkan pada siklus I, siswa belum terbiasa dengan gaya mengajar yang diberikan guru, sehingga siswa perlu beradaptasi dengan gaya belajar yang diberikan oleh guru.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa gaya penemuan terbimbing dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas VII SMP Negeri 4Kota TanjungBalai Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 055 |
Keywords: | Passing; Permainan sepak bola; Gaya mengajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 08:01 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8250 |