Silalahi, Daniel (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PEMANFAATAN METODE VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 34 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. Pengesahan.pdf - Published Version
Download (849kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
6.Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7.Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8.Daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint dengan penggunaan metode VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dilakukan dengan 2 siklus tindakan selama 2 minggu dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 36 siswa-siswi, yang terdiri dari 16 laki-laki dan 20 perempuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Hasil Belajar 1 yang berbentuk aplikasi teknik dasar lari sprint sebanyak 1 kali pertemuan.
Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) Dari data awal diperoleh 6 orang siswa (16,66%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 30 orang siswa (83,33%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 56,78%. (2) Dari tes hasil belajar 1 siklus 1 diperoleh 17 orang siswa (47,22%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 19 orang siswa (52,77%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 67.89%. (3) Dari tes hasil belajar 2 siklus 2 diperoleh 32 orang siswa (88,88%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 4 orang siswa (11,11%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar,dengan rata-rata hasil belajar siswa 81,78%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari data awal ke siklus 1 sebesar 11,11 %, sedangkan peningkatan nilai rata-rata siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 13,89%. Berdasarkan analisis data yang dapat dikatakan bahwa melalui penggunaan metode VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) dapat menunjang pembelajaran pendidikan jasmani terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 037 |
Keywords: | Metode VAK; Lari sprint; Pendidikan jasmani |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 06:46 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8240 |