Sarumpaet, Tiana Gusti Ulina (2016) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136172086 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. 8136172086 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
3. 8136172086 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. 8136172086 PREFACE.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. 8136172086 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. 8136172086 TABLES.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
7. 8136172086 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. 8136172086 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
12. 8136172086 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
13. 8136172086 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian dalam desain Eksperimen semu ini menyelidiki pengaruh Pendekatan (PMR) atas kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, kemampuan komunikasi matematika siswa, dan Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik siswa. Proses penyelasaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Washliyah Ampera II Medan sebanyak 60 siswa , Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 (satu) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Data diperoleh melalui tes KAM, tes kemampuan pemecahan masalah matematik, tes kemampuan komunikasi matematik. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 37,07 dan kelas kontrol adalah 28,57 dengan nilai sig = 0, dengan 0 < α = 0,05 maka terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan Pendekatan (PMR) dengan Pendekatan Pembelajaran Konvensional, rata-rata tes kemampuan komunikasi eksperimen dan kontrol adalah 36,2 dan 29,9 dengan p-value (2-tailed) adalah 0, dengan 0 < α = 0,05 maka terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan Pendekatan (PMR) dan Pendekatan Pembelajaran Konvensional, nilai signifikan sebesar 0,939, karena 0,939 > 0,05 maka tidak adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, nilai signifikan sebesar 0,224, karena 0,224 > 0,05 maka tidak adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap pengaruh kemampuan komunikasi matematik siswa, Proses penyelasaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah pada Pendekatan (PMR) lebih bervariasi daripada Pendekatan Pembelajaran Konvensional. Temuan penelitian merekomendasikan PMR dijadikan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi berpikir tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sar p |
Keywords: | Pendekatan pembelajaran matematika (PMR); Pemecahan masalah matematika; Komunikasi matematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 09:53 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 09:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8210 |