Tamba, Rianto (2016) UPAYA HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MENINGKATKAN PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA SANTA MARIA TARUTUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6113112162 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 6113112162 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
3. NIM 6113112162 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4. NIM 6113112162 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. NIM 6113112162 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM 6113112162 DAFTAR TABEL(1).pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. NIM 6113112162 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM 6113112162 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM 6113112162 BAB I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13. NIM 6113112162 BAB V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
14. NIM 6113112162 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas X SMA Swasta Santa Maria Tarutung tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini di lakukan tes hasil belajar passing bawah bola voli di akhiri setiap siklus yang berbentuk aplikasi berupa portofolio, penelitian ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan.
Penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Santa Maria Tarutung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-3 yang berjumlah 39 orang siswa. Hasil perhitungan persentase proses pelaksanaan setelah data terkumpul dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan gaya mengajar resiprokal (pre-tes) diperoleh 12 siswa (31%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 27 siswa (69%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan gaya mengajar resiprokal. (2) dari tes hasil belajar pada siklus I diperoleh 20 siswa (51%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 19 siswa (49%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran. (3) dari tes hasil belajar pada siklus II diperoleh 33 siswa (85%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 6 siswa (15%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi perbaikan proses nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II.
Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah permainan bola voli pada siswa kelas X SMA Swasta Santa Maria Tarutung Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 036 |
Keywords: | hakikat gaya mengajar resiprokal, hakikat permainan bola voli; hakikat pendidikan jasmani |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 07:26 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8188 |