Adnani, Dina Maulina (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS VII MTS SWASTA IRA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136171018 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. 8136171018 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
3. 8136171018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. 8136171018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. 8136171018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. 8136171018 TABLES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. 8136171018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. 8136171018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
9. 8136171018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
13. 8136171018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
14. 8136171018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-efficacy siswa, (2) Mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-efficacy siswa, dan (3) Mengetahui perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-efficacy siswa. Ujicoba dilakukan pada siswa kelas VII MTs Swasta IRA Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model four-D yang telah dimodifikasi dan rancangan dalam ujicoba menggunakan one group pretest-postest design. Hasil pengujian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran berbasis masalah praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa. Dapat dilihat dari komponen-komponen: (a) Keterlaksanaan pembelajaran dengan kattegori baik; (b) Respon siswa dengan kategori sangat positif; (c) kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan kategori baik. (2) Perangkat pembelajaran berbasis masalah efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa. Dapat dilihat dari komponen-komponen: (a) aktivitas siswa berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran; (b) kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kriteria batasan keefektifan dan (c) respon siswa berada diatas 80 %. (b) Ketuntasan belajar siswa secara Klasikal adalah 83,33% siswa yang mengikuti pembelajaran mampu mencapai skor >75. (3) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy dengan menggunakan Perangkat pembelajaran berbasis masalah. Untuk nilai rerata kemampuan berpikir kritis matematis meningkat dari 2,71 menjadi 3,00 dan nilai rerata self-efficacy meningkat dari 3,21 menjadi 3,32.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Adn p |
Keywords: | Perangkat pembelajaran; Model pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan berpikir kritis; Self-efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 04:39 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8183 |