Husna (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN LOGIS SISWA KELAS VIII MTSN DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136171028 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. 8136171028 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
3. 8136171028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. 8136171028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. 8136171028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. 8136171028 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. 8136171028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. 8136171028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
12. 8136171028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13. 8136171028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan penalaran logis ; (2) perangkat yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan penalaran logis ; (3) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran logis ; (4) proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan penalaran logis melalui pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan Four-D. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII B MTsN Dewantara. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran memenuhi keefektifan, efektivitas ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) waktu pembelajaran; 2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah; 3) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran adalah positif; 4) proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I. Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah sebagai alternatif pembelajaran, dengan bimbingan atau pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dapat terjangkau oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami masalah-masalah yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.307 1 Hus p |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan penalaran; Model 4-D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 03:06 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8168 |