Sidabutar, Elfrida (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SIKAP POSITIF SISWA SMA ANTARA YANG DIBERI PENDEKATAN PBM BERBANTUAN CABRI 3D DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8136172027 COVER .pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2 NIM. 8136172027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
3 NIM. 8136172027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4 NIM. 8136172027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5 NIM. 8136172027 LIST OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
6 NIM. 8136172027 LIST OF TABEL.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
7 NIM. 8136172027 LIST OF ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8 NIM. 8136172027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
12 NIM. 8136172027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
13 NIM.8136172027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah perbedaan peningkatan: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Cabri 3D lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung, (2) Sikap positif terhadap matematika dari siswa yang diajar melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Cabri 3D lebih baik daripada siswa yang dengan pembelajaran langsung, (3) Proses jawaban siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Cabri 3D lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen dengan desain Pretes-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Santu Petrus Sidikalang. Kemudian secara acak dipilih dua kelas dari empat kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Cabri 3D dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket skala sikap positif siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,83 dan 0,95 berturut-turut untuk kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap positif siswa terhadap matematika. Analisis data dilakukan melalui analisis kovarians (ANAKOVA). Hasil utama dari penelitian ini adalah perbedaan peningkatan: Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan sikap positif terhadap matematika yang diajar melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Cabri 3D lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung. Secara deskriptif juga dikaji jawaban dari rumusan masalah yaitu: Proses jawaban siswa yang diajar melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Cabri 3D lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar melalui pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: (1) Pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Cabri 3D dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran matematika yang inovatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan sikap positif siswa terhadap matematika. (2) Pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Cabri 3D dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran matematika yang inovatif untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Diharuskan guru matematika dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, memberi kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasannya dalam bahasa dan cara mereka sendiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sid p |
Keywords: | Pendekatan pembelajaran berbasis masalah; Cabri 3D; Pemecahan masalah; Sikap positif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 03:02 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8166 |