Ferijon, Doni (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA SWASTA TELADAN CINTA DAMAI. Masters thesis, UNIMED.
NIM 8106171041 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM 8106171041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
NIM 8106171041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
NIM 8106171041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
NIM 8106171041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
NIM 8106171041 TABLES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
NIM 8106171041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM 8106171041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
NIM 8106171041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
NIM 8106171041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
NIM 8106171041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Perangkat Pembelajaran melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model pengembangan Thiagarajan atau model Four-D. Subjek penelitian adalah siswa Kelas X SMA dan Guru Matematika di SMA Swasta Teladan Cinta Damai. Adapun validator pada penelitian ini terdiri dari 3 orang dosen Matematika Universitas Negeri Medan dan 1 orang Guru Matematika. Hasil analisis diperoleh, rata-rata validasi RPP adalah 4,55; artinya sangat valid dan tidak perlu revisi, rata-rata validasi Modul Belajar adalah 4,5; artinya sangat valid dan tidak perlu revisi, dan rata-rata validasi LKS adalah 4,46; artinya sangat valid dan tidak perlu revisi. Perangkat Pembelajaran yang telah dikembangkan kemudian diuji coba. Uji coba terbatas terhadap siswa menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Terhadap kelas eksperimen diberikan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan, sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas guru diperoleh bahwa rata-rata 4,67; artinya penggunaan perangkat pembelajaran sangat efektif dan pengamatan terhadap aktivitas siswa diperoleh bahwa rata-rata 4,375; artinya penggunaan perangkat pembelajaran sangat efektif. Berdasarkan hasil tes belajar siswa diperoleh peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa kelas eksperimen sebesar 43,89%, sedangkan peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa kelas kontrol sebesar 10,54%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Fer p |
Keywords: | Perangkat pembelajaran; Model pembelajaran kooperatif; Tipe jigsaw; Four-D; Penelitian dan pengembangan (R&D); Penalaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 02:56 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8165 |