Sarumaha, Antonius (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIK MELALUI PENDEKATAN CTL DI SMP SWASTA PARULIAN 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. Cover Tesis.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematis siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan CTL dengan pembelajaran biasa, (2) melihat adakah interaksi antara pendekatan pembelajaran yang digunakan dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Parulian 1 Medan. Sampel penelitian diambil dari seluruh siswa kelas IX SMPS Swasta Parulian 1 Medan sebanyak 88 orang, kelas IX-1 sebanyak 44 orang (kelas eksperimen) dan kelas IX-2 sebanyak 44 orang (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah (1) tes kemampuan penalaran matematis, (2) tes kemampuan koneksi matematis. Instrumen penelitian tersebut dinyatakan telah memenuhi validitas isi serta koefisien reliabilitas tes kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 0,904 dan koefisien reliabilitas tes kemampuan koneksi matematis siswa sebesar 0,799. Sedangkan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) Lembar Kerja Siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis inferensial uji Anava Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata N-Gain kemampuan penalaran matematis antara siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan CTL (0,603) lebih tinggi dari rata-rata N-Gain pembelajaran biasa (0,55), (2) semakin tinggi level kemampuan awal matematika siswa maka semakin baik pula N-Gain kemampuan penalaran matematis siswa yaitu level tinggi (0,772), level sedang (0,597) dan level rendah (0,483), (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa, (4) rata-rata N-Gain kemampuan koneksi matematis antara siswa yang pembelajarannya pendekatan CTL (0,62) lebih tinggi dari rata-rata N-Gain pembelajaran biasa (0,51), (5) semakin tinggi level kemampuan awal matematika maka semakin baik pula N-Gain kemampuan koneksi matematis siswa yaitu level tinggi (0,845), level sedang (0,609) dan level rendah (0,454), (6) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pendekatan CTL dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan koneksi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sar p |
Keywords: | Kemampuan penalaran matematis siswa; Kemampuan koneksi matematis siswa; Pendekatan CTL; Pembelajaran biasa; Kemampuan awal matematika siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 02:39 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8159 |