Lubis, M. Agus Amri (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL RENANG GAYA DADA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA/I KELAS X SMA NEGERI 4 KISARAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
02 PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
03. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
09. BAB I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar renang gaya dada melalui pendekatan saintifik pada siswa/I kelas X-2 SMA Negeri 4 Kisaran Tahun Ajaran 2015/2016.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan dikolam renang Akasia Garden Jln. Mahoni No.2 Tahun Ajaran 2015/2016, penelitian dilaksanakan mulai 09 januari sampai 16 januari 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/I kelas X-2 yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 26 siswa laki-laki dan 10 orang siswi perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Yang terdiri dari siklus I dan II. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I (silkus I) dan hasil belajar II (siklus II) yang berbentuk portofolio teknik renang gaya dada sebanyak dua siklus.
Metode penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang berguna untuk mengungkapkan kesulitan belajar siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani serta cara mengatasi kesulitan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut.
Setelah data terkumpul akan dilakukan analisa : (1) dari hasil tes belajar sebelum menggunakan pembelajaran melalui pendekatan saintifik (pre-test) diperoleh 14 siswa (38,89%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangakan 22 siswa (61,11%) belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 2,55. Kemudian dilakukan pembelajaran saintifik. (2) dari tes hasil belajar melalui pembelajaran saintifik (scientific) di siklus I diperoleh 26 siswa (72,22%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangakan 10 siswa (27,78%) belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 2,81. Karena belum mencapai ketuntasan klasikal maka dilakukan kembali pembelajaran melalui pendekatan saintifik (scientific). (3) dari tes hasil siklus II diperoleh 32 siswa (88,89%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangakan 4 siswa (11,11%) belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 3,08. Dalam hal ini dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rat-rata hasil belajar siklus I ke siklus II dan telah mencapai kreteria ketuntasan secara klasikal yang ditetapkan 85%. Berdasarkan hasil analisa data dikatakan melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya dada pada siswa kelas X-2 SMA Negeri 4 Kisaran Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 049 |
Keywords: | Hakikat pendidikan jasmani; hakikat hasil belajar renang gaya dada; hakikat pendekatan saintifik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV770 Water sports: Canoeing, sailing, yachting, scuba diving, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 02:21 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8155 |