Zuliansyah (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KUALUHULU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6113311134 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM. 6113311134 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
3. NIM. 6113311134 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 6113311134 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 6113311134 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6. NIM. 6113311134 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 6113311134 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM. 6113311134 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 6113311134 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
13. NIM. 6113311134CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 6113311134 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15. NIM. 6113311134 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavolidenganmenggunakangayamengajarresiprokal pada siswa kela VIII SMP Negeri 3 KualuhuluKabupatenLabuhanBatuUtara Tahun Ajaran 2015/2016. Subjekdalam penelitian ini adalah kelas VIII-4denganjumlahsiswasebanyakdari 32 orang siswaterdiridari 11 perempuandan 21 laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses passing bawah bola voli. Pada data awal (sebelum siklus) diperoleh nilai rata-rata yang belum tuntas adalah sebesar 75% dimana dari 32 orang siswa terdapat 12 siswa yang telah tuntas atau mendapatkan nilai diatas batas ketentuan maksimal, sedangkan 20 siswadinyatakantidaktuntas. Hal ini berarti hanya 25% siswa yang mencapai ketuntasan secara klasikal dari keseluruhan jumlah siswa. Untuk itu peneliti merasa perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiantindakankelas, yang terdiridariduasiklus.Hal ini diwujudkan penulis denganmenggunakangaya mengajar resipokal untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik dasar passing bawah bola voli. Setelah siklus I dilaksanakan, maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 32 orang siswa terdapat 19 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 59,4% dengan nilai rata-rata 65,9 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 13 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 40,6%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>75%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 32 orang siswa terdapat 28 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 87,5% dengan nilai rata-rata 78,45 dan siswa yang tidak tuntas 4 siswa 12,5%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>75%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakangayamengajarResiprokaldapatmeningkatkan hasil belajar passing bawahbola voli pada siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 3 KualuhuluKabupatenLabuhanBatu Utara Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 034 |
Keywords: | Hakikat permainan bola voli; Hakikat passing bawah bola voli; Hakikat gaya mengajar resiprokal |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 02:01 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8154 |