P Dedi, Rasputra (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI DENGAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIMANGUMBAN KABUPATEN TAPANULI UTARA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6113112049 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2.NIM. 6113112049 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
3 NIM. 6113112049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4 NIM. 613112049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5 NIM. 6113112049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6 NIM. 6113112049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7 NIM. 6113112049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8 NIM. 6113112049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9 NIM. 6113112049 BAB I.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13 NIM. 6113112049 BAB V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
14 NIM. 613112049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks pada siwa kelas VIII SMP Negeri 1 Simangumban Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan gaya mengajar inklusi dengan modifikasi alat dan dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik tolak peluru sebanyak dua kali pertemuan.
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Simangumban Kabupaten Tapanuli Utara Tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII2 yang berjumlah 35 orang. Setelah data terkumpul dilakukan analisis: (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan penerapan gaya mengajar inklusi dengan modifikasi alat (Pre test) diperoleh 11 orang siswa (31,43%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 24 orang siswa (68,57%) belum mencapai ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan penerapan gaya mengajar inklusi dengan modifikasi alat. (2) Dari tes hasil belajar menggunakan penerapan gaya mengajar inklusi, siklus I diperoleh 19 orang siswa (54,29%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 16 orang siswa ( 45,71%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 72. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran dengan menggunakan penerapan gaya mengajar inklusi dengan modifikasi alat. (3) Dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 32 orang siswa (91,43%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang siswa (8,57%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 82. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 10 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 37,14%.
Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II dapat ditarik kesimpulan bahwa “Melalui Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Dengan Modifikasi Alat Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Simangumban Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Ajaran 2015/2016”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 066 |
Keywords: | Hakekat pembelajaran tolak peluru; Hakekat gaya mengajar inklusi; Hakekat modifikasi media tolak peluru |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 04:40 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8153 |