Rantoni, Riski (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI ESTAFET MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII MTS. EX PGA. PROYEK UNIVA MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
3 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9 BAB I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13 BAB V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar lari estafet malalui pendekatan bermain pada siswa kelas VIII MTs. Ex PGA. Proyek Univa Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Ex PGA. Proyek Univa Medan Tahun Ajaran 2015/2016, waktu Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 September s/d 17 September 2015. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Ex PGA. Proyek Univa Medan Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 36 orang. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Berdasarkan hasil penelitian berupa Kegiatan siklus I dan Kegiatan siklus II dalam proses pembelajaran lari estafet, ternyata telah diperoleh peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai peresentase ketuntasan klasikal (PKK) serta nilai rata-rata hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase peningkatan hasil belajar siswa pada tes siklus I adalah 30,55% (Tidak Tuntas), dimana dari 36 siswa terdapat 11 siswa yang telah tuntas dengan nilai rata-rata 65,75 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 25 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 69,44%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>75%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan tes siklus ke II sebanyak 2 kali pertemuan yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 88,88% (Tuntas), dimana dari 36 siswa terdapat 32 siswa yang telah tuntas dengan nilai rata-rata 84,63 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa 11,11%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (>75%) telah tercapai. Dan kenaikan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II sebesar 18,88 pada pembelajaran lari estafet.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulakan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari estafet pada siswa kelas VIII MTs. Ex PGA. Proyek Univa Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 007 |
Keywords: | Hakikat lari sambung; Hakikat pendekatan bermain; Hakikat lari estafet melalui pendekatan bermain |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8152 |