Sitorus, Khairani Syahfitri (2015) PENGARUH KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 AIR BATU T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1112151006 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
1112151006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
1112151006 PREPACE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
1112151006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
1112151006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
1112151006 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
1112151006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
1112151006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
1112151006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
1112151006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
1112151006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh konseling remaja melalui strategi perilaku kognitif terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Air Batu T.A 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling remaja melalui strategi perilaku kognitif terhadap kecerdasan emosional siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII–6 yang terdiri dari 5 orang siswa yang mempunyai kecerdasan emosional yang rendah, berusia 14-17 tahun yaitu usia matang secara hukum dan menyadari bahwa mereka mempunyai masalah kecerdasan emosional yang dilihat dari pre-test. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling remaja melalui strategi perilaku kognitif. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling remaja melalui strategi perilaku kognitif berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII–6 SMP Negeri 1 Air Batu T. A 2014/2015. Hal ini tergambar dengan hasil Uji Wilcoxon yang dilakukan dengan hasil diperoleh Jhitung = 0, Dengan α = 0,05 dan n = 5, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 0. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung sama dengan Jtabel, maka Hipotesis Ho ditolak hal ini diperkuat dengan persamaan rumus Z. Karena nilai z hitung adalah -2,022 dan itu lebih kecil dari nilai z tabel yaitu -1,96. Maka hipotesis ditolak artinya ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan sehingga, kecerdasan emosional siswa meningkat sesudah mengikuti konseling remaja melalui strategi perilaku kognitif pada kelas VIII–6 SMP Negeri 1 Air Batu T. A 2014/2015, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BK 002 |
Keywords: | Konseling Remaja; Strategi Perilaku Kognitif; Kecerdasan Emosional Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8143 |