Khadijah, Siti (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 066046 MEDAN HELVETIA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1111512011 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1111512011 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (931kB) | Preview
1111512011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1111512011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1111512011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1111512011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1111512011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1111512011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1111512011 BAB I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
1111512011 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
1111512011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV Sd Negeri 066046 Medan Helvetia. Tujuan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 066046 Medan Helvetia tahun ajaran 2014/2015. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 066046 Medan Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 23 siswa.Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan menggunakan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi untuk guru dan siswa.Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan pada saat dilakukan tes awal dari 23 siswa diperoleh 4 siswa yang tuntas (17,38%). Pada siklus I meningkat menjadi 10 orang siswa yang tuntas (43,47%). Dan pada siklus II meningkat menjadi 20 orang siswa yang tuntas (86,95%). Sedangkan penilaian afektif dan psikomotor siswa pada siklus I mendapatnilai rata-rata 60 dengan kriteria cukup. Dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 86,11 dengan kriteria baik sekali. Selain itu siklus I pertemuan I kemampuan guru menggunakan model discovery learning mendapat nilai 72,5 dengan kriteria cukup dan di pertemuan II mendapat nilai 75 dengan kriteria baik dan terjadi peningkatan pada siklus II kemampuan guru menjadi sangat baik (pertemuan I 90 dan pertemuan II 92,5). Sehubung dengan itu perlunya guru Matematika khususnya yang mengajar di kelas IV SD Negeri 066046 Medan Helvetia Tahun Ajaran 2014/2015 untuk menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning, sebab dengan menggunakan model discovery learning terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Disamping itu siswa semakin aktif, antusias dan termotivasi belajar.Bagi pihak sekolah hendaknya dapat melakukan pengadaan sarana dan prasarana serta melakukan pelatihan tentang penggunaan model pembelajaran yang diperlukan di sekolah agar proses pembelajaran berjalan lancar sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PGSD 011 |
Keywords: | Hasil belajar, Model Discovery Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 06:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8140 |