Sinaga, Ega Yustari (2015) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER KELAS V SD NEGERI 106836 TANJUNG MORAWA T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1113111015 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1113111015 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
1113111015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
1113111015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
1113111015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
1113111015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
1113111015 DAPTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
1113111015 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
1113111015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
1113111015 BAB I.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
1113111015 BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
1113111015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan indonesia dengan menggunakan model Numbered Head Together dikelas V.Penelitianini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research ). Penelitian dilakukan di SDN 106836 limau manis kec. Tanjung Morawa Kab Deli Serdang T.A 2014/2015 yang beralamat di Jl. Pasar XIII desa Limau Manis Kec. Tanjung Morawa kab. Deli Serdang. Penelitian dilaksanakan pada bulan maret sampai bulan mei . Subjek penelitian adalah siswa kelas VB dengan jumlah siswa 27 orang dengan objeknya adalah aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunkan model numbered head together. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus I dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi pada siklus I akan dijadikan acuan untuk melakukan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas belajar siswa dan kegiatan guru.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut. pada siklus I dan siklus II didapati bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan I. Dari 27 siswa, 6 orang siswa aktif dengan persentase 22,22%,dan 21 orang tidak aktif dengan persentasi 77,77% dan siklus I pertemuan II siswa yang aktif meningkat yaitu , 17 siswa yang aktif dengan persentasi 62,96 %, dan 10 orang siswa tidak aktif dengan persentasi 37,03% karena hasil yang dicapai masih jauh dari harapan maka dilakukan perbaikan dan dilakukan siklus II dengan hasil sebagai berikut. , pada siklus II pertemuan I, 21 siswa aktif dengan persentasi 77,77% dan 6 orang tidak aktif dengan persentasi 22,22% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II pert II dengan 27 orang siswa aktif dengan persentasi 100% , dan 0 tidak aktif dengan persentase 0%.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD negeri 106836 Tanjung Morawa T.A 2014/2015. Oleh karena itu disarankan supaya guru menggunakan model numbered head together dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PGSD 005 |
Keywords: | pembelajaran IPS; NHT model; meningkatkan aktivitas belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8136 |