Masrianto (2015) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK DISKUSI TERHADAP SIKAP KEJUJURAN SISWA DALAM BERGAUL DI SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1102151008 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
1102151008 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (883kB) | Preview
1102151008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
1102151008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1102151008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
1102151008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
1102151008 BAB I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
1102151008 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
1102151008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1102151008 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Adakah pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk mengembangkan sikap kejujuran siswa dalam bergaul kelasVIII SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dalam mempengaruhi sikap kejujuran siswa dalam bergaul kelas VIII SMP Negeri 27 MedanTahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pre-test post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negri 27 Medan yang berjumlah 10 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket Keterampilan sosial sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Teknik analisis data menggunakan uji tanda wilcoxon. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu angket sikap Kejujuran Siswa Dalam Bergaul sebanyak 48 butir yang terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliable. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap sikap kejujuran siswa dalam bergaul kelas VIII SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini sesuai dengan hasil yang diperoleh dari rata-rata Pre-Test sikap kejujuran siswa = 72,3dan rata-rata sikap Post-Test sikap kejujuran siswa = 96,4. Hal ini dapat dilihat dari Uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5% J tabel = 8 maka Jhitung = 0<8 serta Zhitung<Ztabel = -2,803 < -1,96. Sehingga sikap kejujuran siswa setelah mendapatkan bimbingan kelompok lebih besar dibandingkan sebelum mendapatkan bimbingan kelompok. Maka hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.46 Mas p |
Keywords: | Pengertian Sikap;Bimbingan kelompok;diskusi; tujuan diskusi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 01:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8109 |