Munthe, Masraini (2015) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP BULLYING SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 2 RANTAUPRAPAT TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
108121031 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
108121031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
108121031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
108121031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
108121031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
108121031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108121031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
108121031 BAB I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
108121031 BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
108121031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108121031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Ditemukan ada beberapa siswa berperilaku negatif, yaitu anak yang berperilaku bullying. Sifat atau karakter anak yang berperilaku bullying dapat dilihat antara lain perilaku mengejek teman, memukul teman, merusak benda-benda milik korban, mengancam, menakut-nakuti teman. Gejala tersebut merugikan orang lain atau orang yang menjadi korban bullying. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Ada pengaruh bimbingan kelompok teknik diskusi tehadap bullying siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Rantauprapat Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap bullying siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Rantau Prapat Tahun Ajaran 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Rantauprapat yang berjumlah 10 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk diolah untuk menjaring data tentang bullying yang sebelumnya diuji cobakan kepada 30 orang siswa diluar subjek penelitian, guna mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Dari 30 item angket yang disebarkan diketahui ada 30 item yang valid dan 8 item soal yang tidak valid. Jadi soal yang diberikan terhadap 10 orang subjek penelitian berjumlah 30 item. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok melalui teknik diskusi. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap bullying siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Rantauprapat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok teknik diskusi mempunyai pengaruh terhadap bullying siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Rantau Prapat Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini teruji dengan menggunakan uji wilcoxon yang diperoleh dari perhitungan dengan hasil zhitung = 4,324 > ttabel = 1,645, artinya hipotesis yang diajukan yang berbunyi “Terdapat pengaruh yang signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap bullying siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Rantau Prapat Tahun Ajaran 2014/2015” dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.46 Mun p |
Keywords: | Bullying Siswa; Bimbingan Kelompok; Teknik Diskusi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8108 |