PENGARUH METODE BERCAKAP-CAKAP TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK PELANGI MEDAN TA. 2014-1015

Sari, Maya (2015) PENGARUH METODE BERCAKAP-CAKAP TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK PELANGI MEDAN TA. 2014-1015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1103113034  COVER.pdf]
Preview
Text
1103113034 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 1103113034 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
1103113034 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (548kB) | Preview
[thumbnail of 1103113034 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
1103113034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 1103113034 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1103113034 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 1103113034 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1103113034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 1103113034 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1103113034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 1103113034 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1103113034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 1103113034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
1103113034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 1103113034 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
1103113034 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 1103113034 BAB I.pdf]
Preview
Text
1103113034 BAB I.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of 1103113034  BAB V.pdf]
Preview
Text
1103113034 BAB V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 1103113034  DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1103113034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini (1) Anak kurang mampu untuk bisaberempati kepada orang lain, (2) Anak kurang mampu untuk bisa toleran denganorang lain, (3) Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru lebih mengutamakanmembaca, menulis dan menghitung, (4)Guru kurang menggunakan metodepengajaran yang dapat memberikan kesempatan pada anak untuk bisamengungkapan suatu perasaan dan keinginan secara verbal.Penelitian inibertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode bercakap-cakapterhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5 – 6 tahun di TK. Pelangi MedanTA. 2014/2015.Jenis penelitian ini eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah semuaanak kelompok B TK Pelangi Medan pada TA. 2014/2015 yang memiliki 4 kelasyaitu B1, B2, B3, B4 dengan jumlah 77 anak (kelas B1 berjumlah 18 anak, B2berjumlah 20 anak, B3 berjumlah 20 anak, B4 berjumlah 19 anak. Sampel dalampenelitian B2 20 orang sebagai kelas eksperimen dan B3 20 orang sebagai kelaskontrol. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi. Sebelum pengujianhipotesis (uji-t) terlebih dahulu diuji normalitas menggunakan Liliefors, danhomogenitas menggunakan uji F.Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelaseksperimen 12,2 dengan nilai tertinggi 15 dan nilai terendah 7, sehinggakecerdasan interpersonal anak pada kelas eksperimen tergolong dalam kategorisangat baik. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 8,25 dengan nilaitertinggi 12 dan nilai terendah 4, sehingga kecerdasan Interpersonal anak padakelas kontrol tergolong dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil tersebut hipotesismenyatakan bahwa pembelajaran melalui metode bercakap-cakap berpengaruhsecara signifikan terhadap kecerdasan interpersonal anak yaitu dari hasil ujihipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,197 > 1,684 pada taraf α = 0.05. Dengandemikian metode bercakap-cakap berpengaruh secara signifikan terhadapkecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Medan TA. 2014-2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 May p
Keywords: Kecerdasan Interpersonal; Metode Berbicara; Metode Bercerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 05 Aug 2016 07:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8099

Actions (login required)

View Item
View Item