Manurung, Mariana Putri (2015) UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN METODE BERCERI TADI TK ST THERESIA BINJAI T.A 2014/2015”. Undergraduate thesis, UNIMED.
109113031 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109113031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
109113031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109113031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
109113031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109113031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109113031 BAB I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
109113031 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
109113031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
109113031 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya konsentrasi anak dalammengikuti pelajaran, khususnya dalam hal bercerita. Hal ini disebabkan karenacara mengajar guru yang kurang menerapkan kegiatan bercerita dalampembelajaran di sekolah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bercerita dapatmeningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun di TK.ST Theresia Binjai TahunAjaran 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukandalam 2 siklus. Dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiapsiklus dilakukan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Subjekpenelitian adalah anak kelas B di TK Santa Theresia Binjai yang berjumlah 18orang anak, terdiri atas 8 orang anak perempuan dan 10 orang anak laki-laki.Sedangkan objek penelitian ini adalah Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK Santa Theresia Binjai.Hasil analisis pada pertemuan1siklus I setelah metode bercerita dilakukanrata-rata penilaian konsentrasi anak 32.3% yang berarti termasuk kategori cukup.Sedangkan pada pertemuan 2 siklus I setelah metode bercerita dilakukan, rata-ratakonsentrasi anak 43.5% masih berada pada kategor icukup. Hasil observasi danrefleksi pada pertemuan 1 siklus II setelah metode bercerita dilakukan rata-ratapenilaian konsentrasi anak 65.7% yang berarti sudah termasuk kategori baik.Sedangkan pada pertemuan 2 siklus II setelah metode bercerita dilakukan, rataratakonsentrasi anak meningka tmenjadi 80.5% masih termasuk kategori baik.Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa denganmenggunakan metode bercerita dapat meningkatan konsentrasi anak usia 5-6tahun di TK Santa Theresia T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.014 Man u |
Keywords: | Konsentrasi; Teknik Meningkatkan konsentrasi; Anak; Metode Bercerita |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 07:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8098 |