Syahfitri, Diani (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI PAUD MELATI HARUM T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1113313004 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1113313004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
1113313004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
1113313004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1113313004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1113313004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1113313004 BAB I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
1113313004 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
1113313004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1113313004 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah, “Apakah model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan matematikapada anak usia 5-6 tahun di Paud Melati Harum Tahun Pelajaran 2014/2015”?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan matematikaanak usia 5-6 tahun dengan menggunakan model pembelajaran Numbered HeadsTogether (NHT) di Paud Melati Harum Kec. Medan Labuhan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian iniadalah meningkatkan kemampuan matematika anak usia 5-6 tahun di Paud MelatiHarum TP 2014/2015. Subjek penelitian adalah anak kelas B yang berjumlah 23orang. Proses penelitian dilakukan melalui 2 siklus. Pengumpulan datamenggunakan lembar observasi. Hasil analisa setelah diberikan tindakan I yaitudiperoleh kemampuan matematika anak masih rendah.Dari 23 orang anak, 4 orang anak (17%) yang memiliki kemampuanmatematika pada kriteria cukup, sedangkan 19 orang anak laginnya (83%) padakriteria kurang baik. Nilai rata-rata kemampuan matematika anak yaitu 36,7. Padasiklus ini kemampuan klasikal belum tercapai karena belum ada seorang anakpunyang mencapai nilai ≥ 65. Hasil analisa pada siklus II terjadi peningkatan yangsignifikan, anak yang memiliki kemampuan matematika pada kriteria sangat baikada 6 orang anak (26%), kemampuan matematika pada kriteria baik ada 12 oranganak (52%), kemampuan matematika pada kriteria cukup baik ada 4 orang anak(17%), dan 1 orang anak lagi (5%) pada kriteria kurang baik. Nilai rata-ratakemampuan matematika anak yaitu 72. Pada siklus ini kemampuan klasikal anaksudah tercapai yaitu sebesar 78%.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan matematikaanak usia 5-6 tahun di Paud Melati Harum Kec. Medan Labuhan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.2 Sya u |
Keywords: | Kemampuan Matematika;Anak Usia Dini; Numbered Head Together |
Subjects: | A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 05:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8095 |