PENGARUH PERMAINAN LEGO TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI R.A IBNU HALIM TJ. MULIAHILIR MEDAN T/A 2014-2015

Roihanati, Sri (2015) PENGARUH PERMAINAN LEGO TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI R.A IBNU HALIM TJ. MULIAHILIR MEDAN T/A 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1103113054 - COVER.pdf]
Preview
Text
1103113054 - COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 1103113054 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
1103113054 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (726kB) | Preview
[thumbnail of 1103113054 - ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1103113054 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 1103113054 - DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1103113054 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 1103113054 - DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1103113054 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 1103113054 - DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1103113054 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 1103113054 - BAB V.pdf]
Preview
Text
1103113054 - BAB V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 1103113054 - BAB I.pdf]
Preview
Text
1103113054 - BAB I.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 1103113054 - DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1103113054 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Kemampuan kognitif sangat diperlukan bagi anak dalam melaksanakankegiatan belajar untuk dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.Masalah yang dijumpai adalah kurangnya kemampuan kognitif anak.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, penelitian ini memilikipopulasi yang terdiri dari 3 kelas, yakni kelas A, kelas B dan kelas C yangberjumlah 45 siswa. Dengan menggunakan sampel sebanyak 2 kelas yang dipilihsecara acak (random) yang masing-masing kelas terdiri dari 15 siswa, dimanakelas A sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan permainanlego dan kelas C sebagai kelas kontrol yang menggunakan permainan puzzle.Instrument pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Untuk mendeskripsikandata penelitian digunakan teknik analisis statistik deskriptif, dengan uji t dengantaraf nyata α = 0,05.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh rata-rata nilai padakelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dimana kelaseksperimen memiliki nilai rata-rata 10,2 dengan nilai tertinggi 12 dan nilaiterendah 8, dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 6,06 dengan nilaitertinggi 8 dan nilai terendah 4. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitifdi kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitunganterlihat bahwa thitung = 10,324 > ttabel = 1,701 yang menunjukkan t hitung lebihbesar dari t tabel. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapatdinyatakan .Ada pengaruh yang signifikan antara permainan lego terhadapkemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di R.A Ibnu Halim Tj. Mulia HilirMedan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 Roi p
Keywords: Anak;Bermain Lego;Permainan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 05 Aug 2016 06:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8086

Actions (login required)

View Item
View Item