Roihanati, Sri (2015) PENGARUH PERMAINAN LEGO TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI R.A IBNU HALIM TJ. MULIAHILIR MEDAN T/A 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103113054 - COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
1103113054 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (726kB) | Preview
1103113054 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
1103113054 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
1103113054 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103113054 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103113054 - BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1103113054 - BAB I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
1103113054 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Kemampuan kognitif sangat diperlukan bagi anak dalam melaksanakankegiatan belajar untuk dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.Masalah yang dijumpai adalah kurangnya kemampuan kognitif anak.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, penelitian ini memilikipopulasi yang terdiri dari 3 kelas, yakni kelas A, kelas B dan kelas C yangberjumlah 45 siswa. Dengan menggunakan sampel sebanyak 2 kelas yang dipilihsecara acak (random) yang masing-masing kelas terdiri dari 15 siswa, dimanakelas A sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan permainanlego dan kelas C sebagai kelas kontrol yang menggunakan permainan puzzle.Instrument pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Untuk mendeskripsikandata penelitian digunakan teknik analisis statistik deskriptif, dengan uji t dengantaraf nyata α = 0,05.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh rata-rata nilai padakelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dimana kelaseksperimen memiliki nilai rata-rata 10,2 dengan nilai tertinggi 12 dan nilaiterendah 8, dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 6,06 dengan nilaitertinggi 8 dan nilai terendah 4. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitifdi kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitunganterlihat bahwa thitung = 10,324 > ttabel = 1,701 yang menunjukkan t hitung lebihbesar dari t tabel. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapatdinyatakan .Ada pengaruh yang signifikan antara permainan lego terhadapkemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di R.A Ibnu Halim Tj. Mulia HilirMedan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Roi p |
Keywords: | Anak;Bermain Lego;Permainan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 06:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8086 |