Marpaung, Rumy Sartika (2015) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BERMAIN PLAYDOUGH DI PAUD SARTIKA MEDAN AMPLAS T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1113313016 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1113313016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
1113313016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
1113313016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
1113313016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1113313016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1113313016 BAB I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
1113313016 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
1113313016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian adalah bermain playdough yang dilakukandi PAUD Sartika Medan hanya sebagai sudut pengaman, ketidaksesuaian antarajumlah media yang dapat menstimulasi perkembangan kecerdasan visual-spasialanak dengan jumlah anak didik, tuntutan orangtua agar anaknya bisa segeramembaca, menulis dan berhitung, guru mendidik anak sama rata dalam satukelas, kurang optimal dalam membaca potensi anak didiknya, lebih dominanmenggunakan buku sebagai lembar kerja anak, metode pembelajaran yang kurangbervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kecerdasanvisual-spasial anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan bermain playdough di PAUDSartika Medan Amplas.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian adalahmeningkatkan kecerdasan visual-spasial anak usia 4-5 tahun di PAUD SartikaMedan Amplas T.A 2014/2015. Subjek penelitian adalah anak kelas A, berjumlah16 orang. Proses penelitian dilakukan melalui dua siklus. Pengumpulan datamenggunakan lembar observasi.Hasil penelitian pada siklus I pertemuan I, 1 orang anak memperolehkriteria baik (6,25%), kriteria cukup, 15 orang anak (93,75%). Pada siklus Ipertemuan II diperoleh nilai rata-rata anak 56,77%, hanya 6 orang (37,5%) yangkecerdasan visual-spasialnya baik, 10 orang (62,5%) kecerdasan visual-spasialcukup. Pada siklus II pertemuan I perkembangan kecerdasan visual-spasial sangatbaik, 3 orang (18,75%), perkembangan kecerdasan visual-spasial baik, 10 orang(62,50%), kriteria cukup 3 orang (18,75%), meningkat dari siklus I. Siklus IIpertemuan II perkembangan visual-spasial anak semakin meningkat, 10 oranganak (62,50 %) perkembangan visual-spasialnya sangat baik, 6 orang anak(37,50%) berkembang dengan baik.Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa kegiatan bermain playdoughpada pembelajaran dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak usia 4-5tahun di PAUD Sartika Medan Amplas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Mar u |
Keywords: | Kecerdasan;Visual-Spasial;Anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8080 |